EECS International Graduate Program <3

Sekarang waktunya cerita tentang EECS yang udah ngasih aku kesempatan buat belajar di sini.

EECS adalah singkatan dari Electrical Engineering and Computer Science. Program ini khusus buat anak international yang kuliah di bidang ECE (Electrical and Computer Engineering) dan CS (Computer Science). Jadi, teman-teman sedepartemenku bule-bule, bro! Hahaha.. Karena EECS itu program, jadi program ini punya standar kelulusan sendiri.

Anak EECS harus lulus 24 sks, jadi 8 mata kuliah: 3 mata kuliah wajib, 2 mata kuliah terserah dari ECE dan CS di NCTU, dan 3 lagi terserah dari bidang teknik apa dan nggak harus ambil di NCTU, bisa di NTHU atau NCU. 3 universitas ini gabung jadi University System of Taiwan (UST). NTHU mah kampus sebelah. Tapi NCU jauh loo, di Zhongli, Taoyuan. Buat ke sananya, ada bis gratis dari sekolah. Lumayan kan jalan-jalan gratis. Spoiler: Zhongli night market besar dan murah-murah. >.< Kembali ke kuliah lagi. Student harus ikut seminar selama 3 semester. Dari 20 atau lebih seminar setiap semester, kita wajib ngumpulin 2 laporan panjang (minimal 4 halaman) dan 6 laporan pendek (minimal 1 halaman). Tapi ada loo temenku yg bikin 8 laporan panjang. Kurang kerjaan kan? 😐 Gampang banget menuhin seminar, hohoho.. Sebulan pertama udah dapat 8 laporan aku. :3

Untuk mata kuliah wajib, ini berhubungan sama konsentrasi. EECS NCTU punya 3 konsentrasi:
1. System on Chip (SoC)/IC Design ~ elektro banget 😐
2. Telecommunication and Networking ~ konsentrasiku! hohoho.. Secara aku anak Informatika dulunya.
3. Photonic/Biomedical/Control ~ @@
Jadi, kita wajib ambil 3 mata kuliah dari masing-masing konsentrasi. Contoh aku yang ambil konsentrasi 2, ambil mata kuliah Computer Architecture, 
Service-Oriented Architecture Technologies for Telecommunications , dan Information Theory. Khusus untuk konsentrasi 3, mata kuliah prasayaratnya beda-beda. Jadi ada 3a. Photonic, 3b. Biomedical Signal, dan 3c. Control. Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh tautan di bawah ini.
EECS_MS_2013_final

Kalo ada yang penasaran sama mata kuliahnya yang keren abis, cek aja langsung ke tautan ini.
http://timetable.nctu.edu.tw/
Pilih Graduate Course -> Master (PhD) Program -> College of Electrical and Computer Engineering -> ECS (EECS International Graduate Program).
Jangan lupa, kita bisa pilih kuliah dari ECE sama CS loo..
Course nya juga banyak yang dalam English. Tapi buat yang ambil kuliah dalam Chinese, EECS bayar tutor buat tutor mahasiswanya. Ini juga berlaku buat semua mahasiswa internasional CS dan ECE lo. Helpful banget kan? :3

Sebagai syarat beasiswa, kita harus ambil kelas chinese, 2 mata kuliah ajaa.. Gratis loo! Lumayan nambah bahasa. Penting juga buat jalan-jalan keliling Taiwan. Penting juga buat beli makan, nawar baju di night market, hohoho.. 

Jadi, kalo mau tau lebih tentang EECS, silahkan cabut ke websitenya.
http://eecsigp.nctu.edu.tw/

EECS nih katanya departemen paling kaya, hahaha.. Kita sering ada lunch gratis. Udah dua kali nih makan di resto Italia. Terus kayak yang aku bilang. Karena beasiswaku cuma 7000, aku dikasih part-time bikin blog ini dan dapat tambahan 16.000 semester ini. Keren kan? B-)

eecs

2 thoughts on “EECS International Graduate Program <3

  1. Halo Mba Carolina,

    saya Johan, saya sedang mencari2 info mengenai scholarship di NCTU dan menemukan blog ini, saya ingin bertanya lebih jauh mengenai scholarship di NCTU dan seluk beluk akademinya, apa boleh minta email Mba Carolina untuk diskusi lebih lanjut?

    Thanks.

Leave a comment