Taipei Zoo – Maokong Gondola – Ximen Night Market

Sabtu, 15 Februari 2014

Hari ini adalah hari Sabtu terakhir sebelum masuk semester 3. Karena masih pingin jalan-jalan, tapi cuma punya waktu sehari, Taipei adalah tempat yang kutuju soalnya aku pingin lihat panda.. :3

Jam 9 kita sudah kumpul di Dining Hall 2. Aku pergi berdua. Habis beli tiket di 7-11, makan pagi, kita berangkat lewat Qing Da ke halte bus. Jalan ke halte bus memakan waktu setengah jam. Sampai di sana, harus antri bus lagi. Hari Sabtu sih, banyak banget orang yang mau ke Taipei. 😐 Perjalanan ke Taipei menghabiskan waktu 1 jam. Sekitar jam 11.30, kita sampai di terminal bus.

MRT Station ada di lantai paling bawah. Terus kita cek jalur MRT ke Taipei Zoo di peta yang banyak tertempel di stasiun. Ke Taipei Zoo nggak bisa langsung sih, harus transfer. Ada banyak jalan ke sana. Akhirnya kita memilih lewat jalur coklat ke Da An, terus pakai jalur biru ke zoo.

Ingat!! Da An Park beda sama Da An. Aku maksa turun di Da An Park dan salah!! Da An Park itu sebelum Da An. Mirip sih.. @@ Akhirnya kita harus naik MRT lagi ke Da An. @@ Sampai di Da An, agak kaget, MRT nya agak beda. Yang penting naik dah, hahaha.. Taipei Zoo itu tujuan terakhir kereta ini.

Jam menunjukkan hampir pukul 12 ketika kita sampai di Taipei Zoo. Harga tiketnya murah banget, cuma 30NT buat student. Bisa pakai Easy Card juga, jadi gak perlu beli tiket, tinggal cetit aja. Di depan, kita dikasih gratis kayak bongkar pasang, aduh gak taulah namanya apa.. Bentuknya pandaa, unyuu.. :3 Habis masuk, flamingo langsung kelihatan! Terus kita pergi ke tourist center dulu buat ambil peta. Kita jalan-jalan ke kawasan 1, Formosan Animal Area. Tempatnya besar banget, tapi hewannya cuma satu, jadi susah banget buat lihat hewannya. 😦 Beberapa hewan itu hewan malam, jadi lagi boci. Koleksi hewannya sedikit sekali. >.< Terus lanjut ke kawasan B, Insectarium. Serangganya cuma dikit. Susah lihatnya juga. Tapi, ada taman kupu-kupu. Terus kupu-kupu besar hinggap di bunga-bunga. Cantik sekali!! Katanya sih koleksinya ada beberapa jenis kupu-kupu, tapi cuma bisa lihat satu jenis. Untung kupu-kupunya cantik, jadi menghibur. 😀 Next, kita ke kawasan C Conservation Coridor, kecewa juga. >.< Terus kita ke kawasan E: Koala House. Lucu sekali koalanyaaa.. Mereka makan memamah daun gitu, imut sekali. Banyak sekali koala di sini. Sayang banget gak bisa foto sama Koala karena kacanya memantulkan cahaya. 😦 Terus kita lihat panda. Antrinya ramai banget. Sayang banget sih, si Yuan Zai lagi boci sama mamanya. 😦 Akhirnya kita cuma lihat dari jauh deh. Terus kita pergi ke toko souvenir. Di sana aku beli gantungan kunci panda. 😀 Setelah itu, kita makan siang di Mc D. Nggak ada pilihan lain sih. 😐

Habis makan, kita jalan-jalan ke kawasan 4: Children’s Zoo. Ada unta, unyuuu.. Ada kuda poni juga, kereennn.. Terus yang lain itu, ada kelinci yg gede banget! Dan bulunya banyak dan kelihatannya halus banget kayak bonekaa.. >.< Lanjut ke kawasan A: Asian Tropical Rainforest Area. Kita lewat Panda House sih, terus kita lihat bapaknya Yuan Zai tidur sampai melet-melet, lucu banget. >.< Di kawasan A, kita lihat banyak monyet. Yah, binatangnya sama kayak di Indo sih. Banyak pohon-pohon tinggi juga. Kemudian kita ke kawasan 7: Desert Animal Area. Kita lihat unta-unta lagi. Hewannya emang dikit banget kok di bonbin ini. 😐 Terus ke kawasan 8: Australian Animal Area. Kita lihat burung kasuari, kanguru, wallaby, dan emu. Lumayan, hewannya masih bisa dilihat, hahaha.. Lanjut ke Kawasan 9: African Animal Area. Lumayan banyak yang bisa dilihat. 😀 Terus lanjut ke kawasan I: Amphibian and Reptile House. Lah inii.. Takut ulaarrr!! >.< Merinding kalo inget.. >.< Tapi banyak kadal dan penyuu.. Lumayan lumayan.. Setelah itu kita ke kawasan 10: Bird World. Jadi, kita masuk ke sangkar besar dan bisa lihat burung-burung secara langsung. Sayangnya, sangkarnya nggak terlalu besar, dan jenis burungnya dikit. Tapi merak selalu memesona. Selalu angkuh dan bertengger sendiri. 😀 Waktu sudah menunjukkan pukul 4.30, harus buru-buru. >.< Kita ke kawasan J: Penguin House dulu. Penguinnya banyak sih. Tapi nggak lagi renang. Untung kawasannya nggak dingin. Bonbin ini punya 2 jenis pinguin, unyuu.. :3 Terakhir, kita ke kawasan Temperate Zone Animal Area buat lihat binatang-binatang buas kayak beruang, bbison, serigala, puma, lynx. Terus kita cepet-cepet lari ke Bird World Station. Awalnya sih pingin langsung ke Taipei Zoo South Station buat naik gondola. Tapi sedih sekali, bus terakhir jam 4.40. :3 Akhirnya kita balik ke pintu depan naik kereta unyuu..

Kita pulang dan sampai ke stasiun. Tapi akhirnya kita lanjut terus setelah tahu kalau Maokong Gondola buka sampai jam 10 malam. Happy banget rasanya!! Cuaca lagi jelek sih, mendung. Udah agak gelap juga. Tapi kita tetep pilih naik Crystal Cabin. Karena gelap, jadi nggak jauh beda sama Regular Cabin. Harusnya naik regular, soalnya lebih banyak jumlahnya dan nampung lebih banyak orang. Ada 3 perhentian: Taipei Zoo South Station, Zhinan Temple Station, dan Maokong Station. Zhinan Temple bagus sih, tapi malas turun, karena bosan lihat temple. Tapi dari atas, lampu kerlap-kerlip di temple menarik banget. Terus kita naik ke Maokong Station.

Angin kencaaang banget. Secara di atas gunung. Kita pergi keluar stasiun dan lihat banyak banget restoran yang menawarkan teh. Harganya lumayan sih, dari 150NT sampai ribuan NT. Akhirnya kita mencoba ke salah satu restoran. Ada paket teh buat dua orang dengan harga 300NT. Kita coba Maokong Tea. Kita juga beli Waffle rasa madu seharga 100NT. Kita dikasih hot water, saringan, 2 cangkir kecil, ceret yang isinya teh, sama gelas yang bentuknya kayak gelas kimia buat nampung teh. Maokong tea enak banget. Ada before taste yang bikin pingin nyoba. Walau pahit karena nggak pakai gula, aku suka banget. Kita seduh tehnya sampai 6 kali. Kenyang deh. Kita duduk-duduk sambil lihat kunang-kunang kota dari gunung ini. Kelihatan 101 dengan lampunya yang menyala-nyala. Indah banget. Sekitar jam 8 malam, kita pulang.

Sampai di MRT Station sekitar jam 9. Kita masih malas pulang, jadi kita lanjut ke Ximending. Aku kangen sama rasa kebab. Kita cari-cari tempatnya di mana. Tapi dasar ingatanku parah, kita nggak nemu deh. Karena udah putus asa, dan hampir jam 10 malam juga, kita pulang. Eh, di jalan ada PKL yang jual kebab. Beli deh. Penjualnya orang Arab juga loo. Akhirnya kita pulang dengan senyum.

Seru banget trip hari ini. Aku dapat gantungan kunci panda, postcard panda, dan bongkar pasang panda. Ngerasain teh khas maokong, naik gondola untuk pertama kalinya, dan kembali ngerasain kebab enak. :3 Thank’s God!Image